Self Publishing


Saat ini, self publishing sudah menjadi tren di kalangan penulis. Menerbitkan karyanya sendiri tanpa melalui sebuah penerbitan, atau bahkan membuat penerbitan sendiri.

Self publishing bukanlah suatu pilihan tanpa resiko, karena dengan melakukan self publishing maka semua resiko menjadi tanggungan penulis. Resiko paling besar tentu saja kerugian materiil.

Hal tersebut terjadi karena dengan melakukan self publishing secara konvensional, dibutuhkan dana sekitar 10 juta rupiah atau lebih, tergantung spesifikasi buku.

Biaya terbesar adalah untuk melakukan pencetakan buku. Umumnya percetakan mengharuskan minimum order sekitar 3.000 buku untuk dicetak. Biaya lainnya adalah biaya pra-cetak yang meliputi layout, editing, desain cover, pengurusan ISBN dan juga biaya pendistribusian.

Karena penerbitan dilakukan secara mandiri (self publishing), urusan pendistribusian / penjualan buku menjadi tanggungan penulis sendiri. Dan jika ternyata ada masalah dalam hal pendistribusian yang menyebabkan buku tidak banyak yang terjual maka konsekuensinya adalah kerugian materiil.

Melihat kondisi tersebut, PRINT.CO membuat layanan self publishing TANPA MINIMUM ORDER. Dengan demikian, penulis pemula tidak perlu takut/ragu untuk melakukan self publishing lagi, karena:
  1. Modal awal untuk melakukan self publishing sangat murah, hanya puluhan sampai ratusan ribu rupiah.
  2. Dapat melakukan test pasar dengan mencetak beberapa buku dulu untuk didistribusikan / dijual ke konsumen.
  3. Dan jika digabungkan dengan layanan PRINT.CO yang lain, yaitu bookdropship, maka penulis cukup mencetak buku yang dibeli oleh customer.

Memang biaya cetak dengan melakukan pencetakan sedikit ini menjadi lebih mahal daripada mass production, namun ini masih dalam tahap wajar.

Sebagai contoh, untuk sebuah buku dengan dicetak secara mass production, harga produksi sekitar Rp 7.000. Dengan melakukan print on demand (jasa yang PRINT.CO tawarkan) maka harga produksi menjadi sekitar Rp 10.000 - Rp 20.000. Namun, dengan harga jual buku yang bisa mencapai diatas Rp 35.000, hal tersebut bukanlah masalah, karena penulis tetap mendapatkan profit.

Walaupun terlihat ada pengurangan keuntungan, tetapi harus diperhatikan juga bahwa resiko kerugian penulis menjadi jauh lebih kecil! Dan jika dihitung-hitung dengan perbandingan keuntungan - kerugiannya, mencetak di PRINT.CO lebih menguntungkan :)



Info lebih lanjut/biaya mengenai layanan self publishing, bisa menghubungi kami: order(at)printebookonline(dot)com atau nomor 087823316161.

4 komentar:

  1. bos, tanya nih. cetak buku saku ukuran 10 cm x 13,2 cm. 35 halaman. cover: soft, warna, yupi dop. harga nya berapa? thanks a lot.

    BalasHapus
  2. kalo' 100 pieces brp? 500 pcs brp? 1000 pcs brp?
    sambungn yg tadi bos, thanks

    BalasHapus
  3. saya mau cetak hanya 4 buku saja bisa tidak?
    ukuran : 13 cm x 19 cm
    jumlah hlm < 200

    BalasHapus

Silakan menuliskan komentar / review Anda via Blogger Comments